Faktor-Faktor Yang Menentukan Pertumbuhan Ekonomi

Faktor-Faktor Yang Menentukan Pertumbuhan Ekonomi

Kestabilan politik, kebijakan ekonomi pemerintah, kekayaan alam yang dimiliki, jumlah dan kemampuan tenaga kerja, tersedianya usahawan yang gigih dan kemampuan mengembangkan dan menggunakan teknologi modern adalah beberapa faktor penting yang mempengaruhi pertumbuhan ekonomi.

Faktor-Faktor yang Menentukan Pertumbuhan Ekonomi

  1. Tanah dan Kekayaan Alam Lainnya
    Kekayaan alam sesuatau negara meliputi luas dan kesuburan tanah, keadaan iklim dan cuaca, jumlah dan jenis hasil hutan dan hasil luar yang dapat diperoleh, jumlah dan jenis kekayaan barang tambang yang terdapat.
  2. Jumlah dan mutu dari penduduk dan tenaga kerja
    Penduduk yang bertambah dari waktu ke waktu dapat menjadi pendorong maupun penghambat kepada pertumbuhan ekonomi. Penduduk yang bertambanh akan memperbesar jumlah tenaga kerja, dan penambahan tersebut memungkinkan negara itu menambah produksi. Disamping itu, sebagai akibat pendidikan, latihan dan pengalaman kerja, keterampilan penduduk akan selalu bertambah tinggi. Hal ini akan menyebabkan produktivitas bertambah dan ini selanjutnya menimbulkan pertambahan produksi yang lebih cepat dari pada pertambahan tenaga kerja. Selanjutnya perlu diingat pula bahwa pengusaha adalah sebagian dari penduduk. Maka luasnya kegiatan ekonomi yang dilakukan oleh sesuatu negara juga bergantung kepada jumlah pengusaha dalam ekonomi. Apabila tersedianya pengusaha dalam sejumlah penduduk tertentu adalah lebih banyak, maka lebih banyak kegiatan ekonomi yang dijalankan.
  3. Barang-barang modal dan tingkat teknologi Barang-barang modal penting artinya dalam mempertinggi keefisienan pertumbuhan ekonomi. Di dalam masyarakat yang sangat kurang maju sekalipun barang-barang modal sangat besar perannya dalam kegiatan ekonomi. Tanpa adanya alat-alat untuk menangkap ikan dan berburu, alat-alat untuk bercocok tanam dan mengambil hasil hutan, masyarakat yang kurang mau akan menghadapi kesusahan yang lebih banyak lagi dalam mencari makanannya sehari-hari. Kemajuan teknologi menimbulkan beberapa efek positif dalam pertumbuhan ekonomi, dan oleh karenanya pertumbuhan ekonomi menjadi lebih pesat. Efek yang utama adalah :
    1. Kemajuan teknologi dapat mempertinggi keefisienan kegiatan memproduksi sesuatu barang.
    2. Kemajuan teknologi menimbulkan penemuan barang-barang baru yang belum pernah diproduksi sebelumnya.
    3. Kemajuan teknologi dapat meningkatkan mutu barang-barang yang diproduksi tanpa meningkatkan harga.



Peranan pengusaha yang akan melakukan inovasi dan investasi sangat penting untuk mewujudkan pertumbuhan ekonomi. Sukirno, mengemukakan bahwa dalam teori Harrod-Domar ditekankan bahwa peranan investasi sebagai faktor yang menimbulkan pertambahan pengeluaran agregat dalam berkembangnya pertumbuhan ekonomi. Teori ini menekankan tentang peranan segi permintaan dalam mewujudkan pertumbuhan.

Kemudian menurut teori neoklasik, dinyatakan bahwa untuk mewujudkan pertumbuhan ekonomi, maka diperlukan faktor terpenting yaitu perkembangan teknologi dan peningkatan kemahiran masyarakat. Menurut Rostow, tingkatan kritis bagi negara berkembang adalah tahap tinggal landas, dimana masyarakat suatu negara berkembang akan mengalami transformasi menuju masyarakat yang maju. Lebih lanjut Rostow berpendapat bahwa salah satu prinsip yang perlu dilaksanakan dalam menentukan pertumbuhan ekonomi adalah mobilisasi tabungan domestik dan luar negeri agar dapat menghasilkan investasi yang cukup bagi peningkatan pertumbuhan ekonomi.

 

Baca juga unsur pengendalian intern terhadap sistem pembelian

 



 

 

# tag

faktor-faktor yang menentukan pertumbuhan ekonomi adalah faktor-faktor yang menentukan pertumbuhan ekonomi menurut sukirno adalah sebutkan faktor-faktor yang menentukan pertumbuhan ekonomi jelaskan faktor-faktor yang menentukan pertumbuhan ekonomi uraikan faktor-faktor yang menentukan pertumbuhan ekonomi sebutkan faktor faktor yang menentukan pertumbuhan ekonomi suatu negara faktor-faktor apa saja yang menentukan pertumbuhan ekonomi faktor-faktor penentu pertumbuhan ekonomi faktor-faktor penentu pertumbuhan ekonomi adalah

 

How useful was this post?

Click on a star to rate it!

Average rating / 5. Vote count:

No votes so far! Be the first to rate this post.

As you found this post useful...

Follow us on social media!

Ekonomi