Kelebihan dan Kekurangan Media Diorama

Kelebihan dan Kekurangan Media Diorama

Media diorama adalah salah satu media tiga dimensi. Muedjiono dalam Daryanto (2010: 29) mengungkapkan bahwa ada kelebihan media tiga dimensi antara lain:

  1. Memberikan pengalaman secara langsung.
  2. Penyajian secara konkret dan menghindari verbalisme.
  3. Dapat menunjukkan objek secara utuh baik konstruksi maupun cara kerjanya.4)Dapat memperlihatkan struktur organisasi secara jelas.
  4. Dapat menunjukkan alur suatu proses secara jelas.

 

Kelebihan dan Kekurangan Media Diorama

Kelebihan Media Diorama

  1. Cecep Kustandi dan Bambang Sutjipta (2013: 50) menambahkan bahwa diorama lebih menekankan kepada isi pesan dari gambaran visual atau tokoh dan lebih hidup dibandingkan maket.
  2. Menurut Subana dalam Yaashinta,Ismilasari dan Hendratno(2013: 4)kelebihan mediadiorama yang digunakan oleh guru dalam proses belajarmengajar adalah dapat dibuat dari bahan yang murah danmudah didapat, dapat dipakai berulang-ulang, dapatmelukiskan bentuk dari keadaan sebenarnya, dapatmemperlihatkan bagian dalam sesuatu yang dalamkeadaan sebenarnya sulit dilihat.

Kelebihan lainnya darimedia diorama adalah dapat menambah keindahan, dayatarik, dan dapat memotivasi pengguna untuk mendapatkan pengalaman belajar.

 



 

Kekurangan Media Diorama

Sedangkan kelemahan diorama adalah tidak bisamenjangkau sasaran dalam jumlah yang besar, penyimpanannya memerlukan ruang yang besar dan perawatannya rumit. Namun kekurangan tersebut dapat diatasi dengan membuat diorama dalam ukuran yang besar sehingga dapat diamati oleh seisi kelas. Untuk perawatannya yang rumit, diorama dapat dibuat model tertutup sehingga tidak mudah kotor.

Media diorama memang memiliki banyak manfaat dan kelebihan. Namun, masih ada yang harus diperhatikan, terutama dalam pembuatannya. Hujair AH Sanaky (20013: 135) mengemukakan hal-hal yang perlu diperhatikan dalam pembuatan media diorama yaitu:

  1. Diorama sebaiknya tidak terlalu ramai tetapi jelas sasarannya atau tujuannya dan memiliki daya tarik.
  2. Diorama harus dikaitkan dengan pelajaran yang sedang dijelaskan. Media diorama dalam penelitian ini, bentuknya menyerupai diorama yang menunjukkan suatu pemandangan tentang berbagai jenis ekosistem yang ada di bumi. Keseimbangan ekosistempun dapat dijelaskan dengan media diorama ini. Tujuan penggunaan media diorama ini, tidak jauh berbeda dengan tujuan penggunaan media. Namun dalam penelitian ini, penggunaan media diorama terutama bertujuan untuk memberikan pengaruh terhadap hasil belajar siswa.

 




 

Jika anda membutuhkan media diorama untuk keperluan pribadi maupun pekerjaan, Hubungi maket creator yang menyediakan layanan jasa pembuatan miniatur dan diorama. Maket Creator berlokasi di Jakarta Timur dan sudah berpengalaman membuat berbagai macam jenis miniatur termasuk diorama. Hubungi Maket Creator untuk informasi selengkapnya.

 

Baca juga Pengertian Diorama

 

How useful was this post?

Click on a star to rate it!

Average rating / 5. Vote count:

No votes so far! Be the first to rate this post.

As you found this post useful...

Follow us on social media!

Uncategorized