Pemasaran merupakan kegiatan dalam perekonomian yang membantu dalam menciptakan nilai ekonomi. Nilai ekonomi itu sendiri menentukan harga barang dan jasa. Faktor penting dalam menciptakan nilai tersebut adalah produksi, pemasaran dan jasa. Faktor penting dalam menciptakan nilai ekonomi tersebut adalah produksi, pemasaran dan konsumsi. Pemasaran menjadi penghubung antara kegiatan produksi dan konsumsi.
Pengertian Pemasaran Menurut Para Ahli
- Menurut Gronroos dalam Wijaya (2012: 4) pemasaran adalah proses untuk mengidentifikasi dan menetapkan, memelihara, serta meningkatk an hubungan dengan pelanggan dan para pemangku kepentingan ( stakeholder ) lainnya, sehingga tujuan dari semua pihak yang terlibat dapat dipenuhi, y ang dilakukan dengan cara yang saling menguntungkan dan memenuhi janjinya.
- Menurut American Marketing Association dalam Kotler & Kell er (2008: 5) pemasaran adalah suatu fungsi organisasi dan serangkaian prose s untuk menciptakan, mengkomunikasikan, dan memberikan nilai kepada pela nggan dan untuk mengelola hubungan pelanggan dengan cara yang menguntungkan organisasi dan pemangku kepentingannya.
Banyak ahli yang telah memberikan definisi atas pemasaran ini.Definisi yang diberikan sering berbeda antara ahli yang satu dengan ahli ya ng lain. Perbedaan ini disebabkan karena adanya perbedaan para ahli tersebut da lam memandang dan meninjau pemasaran. Dalam kegiatan pemasaran ini, aktivit as pertukaran merupakan hal sentral. Pertukaran merupakan kegiatan pemasara n dimana seseorang berusaha menawarkan sejumlah barang atau jasa deng an sejumlah nilai ke berbagai macam kelompok social untuk memenuhi kebutuhannya. Pemas aran sebagai kegiatan manusia diarahkan untuk memuaskan keinginan dan kebutuhan melalui proses pertukaran.