Menurut Tjiptono (2014:166) discount merupakan potongan harga yang diberikan oleh penjual kepada pembeli sebagai penghargaan atas aktivitas tertentu dari pembeli yang menyenangkan bagi penjual. Menurut Kotler dan Keller (2016:93) discount adalah harga resmi yang diberikan perusahaan kepada konsumen yang bersifat lunak demi meningkatkan penjualan suatu produk barang atau jasa.
Suatu harapan pelanggan membeli suatu barang yaitu menginginkan adanya potongan harga (diskon) ketika sales atau penjual menawarkan suatu barang atau jasa. Oleh sebab itu potongan harga atau diskon diberikan pihak penyediaan barang atau jasa kepada konsumen sesuai dengan peraturan – peraturan tertentu. Adanya beberapa tujuan perusahaan memberikan diskon antara lain :
Tujuan Pemberian Diskon
- Supaya hasil produk cepat terjual dengan mudah dan meningkatkan angka penjualan.
- Untuk menarik konsumen agar membeli barang atau produk yang ditawarkan oleh perusahaan.