6 Tingkat Pengertian Merek

6 Tingkat Pengertian Merek

Merek dapat dipakai sebagai alat untuk menciptakan pandangan tertentu dari para pembeli baik melalui periklanan maupun dari kegiatan promosi yang lain.

Definisi merek menurut Kotler & Keller (2013:5) adalah :



“Sebuah merek merupakan lebih dari sekedar produk, karena mempunyai sebuah dimensi yang menjadi diferensiasi dengan produk lain yang sejenis. Diferensiasi tersebut harus rasional dan terlihat secara nyata dengan performa suatu produk dari sebuah merek atau lebih simbolis, emosional, dan tidak kasat mata yang mewakili sebuah merek.”

Berdasarkan definisi di atas, satu merek berfungsi untuk mengidentifikasikan penjual atau perusahaan yang menghasilkan produk tertentu yang membedakannya dengan penjual atau perusahaan lain yang memiliki nilai yang berbeda yang pada setiap merek-nya. Merek dapat berbentuk logo, nama, trademark atau gabungan dari keseluruhannya. Menurut Kotler (2013:460), merek adalah suatu simbol rumit yang dapat menyampaikan hingga enam tingkat pengertian, yaitu :



6 Tingkat Pengertian Merek

  1. Atribut, mengingatkan atribut-atribut tertentu. Contohnya Mercedes yang merupakan mobil dengan harga yang mahal, kokoh, tahan lama dan bergengsi tinggi.
  2. Manfaat, atribut-atribut harus diterjemahkan menjadi manfaat fungsional dan emosional. Atribut “tahan lama” dapat diterjemahkan menjadi manfaat fungsional. Sedangkan atribut “mahal” dapat diterjemahkan menjadi manfaat emosional.
  3. Nilai, merek juga menyatakan sesuatu tentang nilai bagi produsen. Mercedes berarti kinerja tinggi keselamatan dan gengsi.
  4. Budaya, merek juga mewakili budaya tertentu. Misalnya Mercedes yang mewakili budaya Jerman yang terorganisasi dengan baik, memiliki cara kerja yang efisien dan bermutu tinggi.



  5. Kepribadian, merek dapat mencerminkan kepribadian, Mercedes mungkin mewakili kepribadian dari seorang yang berpenghasilan tinggi atau bergaya hidup mewah.
  6. Pemakai, merek dapat menyiratkan jenis konsumen juga membeli atau menggunakan produk tersebut. Kita akan melihat eksekutif yang berada dibelakang setir Mercedes, bukannya seorang sekertaris yang masih berumur 20 tahun.

Dengan enam tingkat pengertian merek, perusahaan akan menentukan pada tingkat mana akan ditetapkan identitas merek. Merupakan suatu kesalahan untuk mempromosikan atribut merek saja. Hal pertama adalah pembeli tidak begitu tertarik dengan atribut merek jika dibandingkan dengan manfaat merek. Kedua pesaing akan dengan sangat mudah meniru atribut tersebut. Ketiga, atribut yang sekarang lama kelamaan akan menurun sehingga merugikan merek terkait pada atribut tersebut.

Pada intinya merek adalah pengguna nama, logo, trade mark,serta slogan untuk membedakan perusahaan-perusahaan dan individu-individu satu sama lain dalam hal apa yang mereka tawarkan.

 

 



 

 

Pembahasan lainnya : 

Pembahasan lainnya : 

  1. Elemen Brand Identity
  2. Fungsi Loyalitas Merek
  3. Pengukuran Brand Image
  4. Tingkatan Loyalitas Merek
  5. Manfaat dari Atribut Produk
  6. Tahapan Loyalitas Pelanggan
  7. Alternatif Strategi Pemasaran
  8. Pengertian Kepercayaan Merek
  9. Manfaat-Manfaat Loyalitas Merek
  10. Strategi Pemasaran Produk Adalah
  11. Indikator-Indikator Kualitas Produk
  12. Pengertian Merek Menurut Para Ahli
  13. Tujuan Kualitas Produk Menurut Ahli
  14. Indikator Loyalitas Merek Menurut Ahli
  15. Alasan Memproduksi Produk Berkualitas
  16. Dimensi Kualitas Produk Menurut Garvin
  17. Tingkatan Brand Loyalty Loyalitas Merek
  18. Tingkatan Produk Ada Lima Menurut Ahli
  19. Faktor Faktor Pembentuk Identitas Merek
  20. Dimensi Kualitas Produk Menurut Tjiptono
  21. Pengertian Citra Merek Menurut Para Ahli
  22. Faktor Yang Mempengaruhi Brand Loyalty
  23. Manfaat Penggunaan Merek Bagi Produsen
  24. Indikator Brand Loyalty Menurut Para Ahli
  25. Pengertian Brand Image Menurut Para Ahli
  26. Pengertian Ekuitas Merek Menurut Para Ahli
  27. Unsur-Unsur Kualitas Produk dan Contohnya
  28. Pengertian Brand Identity Menurut Para Ahli
  29. Pengaruh Brand Image Terhadap Brand Trust
  30. Pengertian Kualitas Produk Menurut Para Ahli
  31. Klasifikasi Produk Berdasarkan Keberwujudan
  32. Pengertian Loyalitas Merek Menurut Para Ahli
  33. Hubungan Brand Trust dengan Brand Loyalty
  34. Hubungan Brand Image dengan Brand Loyalty
  35. Faktor-Faktor yang Mempengaruhi Brand Trus
  36. Indikator Kepuasan Pelanggan Menurut Tjiptono
  37. Pengaruh Citra Merek Terhadap Loyalitas Merek
  38. Pengertian Kepercayaan Merek Menurut Para Ahli
  39. Faktor-Faktor yang Mempengaruhi Kualitas Produk
  40. Pengaruh Kualitas Produk Terhadap Loyalitas Merek
  41. Cara Membangun Kepercayaan Konsumen Pelanggan
  42. Faktor yang Mempengaruhi Kepercayaan Terhadap Merek

 

 






 

How useful was this post?

Click on a star to rate it!

Average rating / 5. Vote count:

No votes so far! Be the first to rate this post.

As you found this post useful...

Follow us on social media!

Manajemen Pemasaran