Untuk memenangkan persaingan pasar yang bertujuan untuk menarik sebanyakbanyaknya pelanggan dan mendapatkan keuntungan yang sebesar-besarnya. Perusahaan perlu memiliki strategi yang tepat dalam proses pemasarannya. Bauran pemasaran (marketing mix) adalah kumpulan alat pemasaran taktis yang terkendali dan dipadukan perusahaan untuk menghasilkan respon yang diinginkan di pasar sasaran (Kotler and Armstrong 2008:62). Bauran pemasaran terdiri dari semua hal yang dapat dilakukan perusahaan terdapat 4 P dalam bauran pemasaran yaitu adalah :
4P Dalam Bauran Pemasaran
- Produk (Product)
Produk terdiri dari produk barang dan produk jasa, produk adalah sesuatu yang dapat ditawarkan produsen kepada konsumen untuk diperhatikan, di cari, di beli, digunakan, ataupun di konsumsi oleh pasar untuk pemenuhan kebutuhan atau keinginan (Tjiptono, 2006:95). - Harga (Price)
Menurut Kotler and Armstrong (2008:63) harga adalah sejumlah uang yang harus dibayarkan oleh konsumen untuk memperoleh produk barang atau jasa yang diinginkan. Dalam penetapan harga, manajemen harus menetapkan harga sesuai dengan produknya. Keputusan penetapan harga di pengaruhi oleh kekuatan perusahaan, lingkungan, dan persaingan yang kompleks serta mengagumkan (Kotler and Armstrong, 2008:4). - Saluran Distribusi (Place)
Tempat merupakan suatu wadah dilakukannya kegiatan perusahaan untuk membuat produk dan menyalurkannya kepada konsumen. Tjiptono (1997:185) pendistribusian merupakan kegiatan pemasaran yang bertujuan untuk memperlancar dan mempermudah penyaluran serta penyampaian produk barang atau jasa kepada konsumen. Dalam proses pendistribusian adapun lembaga-lembaga yang ikut serta dalam saluran distribusi seperti produsen, pedagang serta agen, dan konsumen akhir atau pemakai akhir. - Promosi (Promotion)
Serangkaian aktivitas mengenai penyampaian manfaat, fungsi, dan kegunaan produk kepada konsumen yang bertujuan untuk membujuk dan menarik konsumen agar membeli dan menggunakan produk tersebut. Promosi adalah suatu bentuk komunikasi yang digunakan oleh perusahaan atau pemasar untuk memberitahukan informasi mengenai produk barang ataupun jasa image (bayangan), gagasan (ide) atau keterlibatan perusahaan dan masyarakat yang bertujuan agar menerima dan melakukan perbuatan sebagaimana yang dikehendaki oleh perusahaan (Swastha, 2005:349).
Pembahasan terkait lainnya :
- Jenis Jenis Iklan di Koran
- Tujuan Pemberian Diskon
- Pengertian dari Biro Iklan
- Variabel Bauran Pemasaran
- Tujuan Pemasaran Langsung
- 4P Dalam Bauran Pemasaran
- Pengertian Penjualan Pribadi
- Tujuan Promosi Menurut Ahli
- Pengertian Event Menurut Ahli
- Manfaat Pemasaran Langsung
- Bentuk-Bentuk Bauran Promosi
- Karakteristik Iklan Media Cetak
- Pengertian Diskon Menurut Ahli
- Proses Kegiatan Personal Selling
- Tujuan Pemasaran Menurut Ahli
- Strategi Perencanaan Periklanan
- Pengertian Pemasaran Langsung
- Promotion Mix Menurut Para Ahli
- Karakteristik Event Menurut Noor
- Strategi Promosi Dalam Pemasaran
- Contoh Media Pemasaran Langsung
- Pengertian Periklanan Menurut Ahli
- Bentuk Bentuk Pemasaran Langsung
- Tujuan Periklanan Menurut Para Ahli
- Periklanan Sebagai Proses Komunikasi
- Tahapan Proses Manajemen Periklanan
- Kelebihan Koran dan Kekurangan Koran
- Pengertian Sales Promotion Menurut Ahli
- Pengertian Pemasaran Menurut Para Ahli
- Manajemen Pemasaran Menurut Para Ahli
- Faktor Faktor Pemilihan Media Periklanan
- Fungsi-Fungsi Periklanan Beserta Contohnya
- Faktor Yang Mempengaruhi Kegiatan Penjualan
# tag
4p bauran pemasaran 4 p dalam bauran pemasaran perbandingan 4 aspek bauran pemasaran dalam bauran pemasaran dikenal dengan istilah 4p yaitu jelaskan teori bauran pemasaran (marketing mix) 4p pada bauran pemasaran 4p rinciannya adalah contoh bauran pemasaran 4p skripsi bauran pemasaran 4p