4 Variabel Marketing Mix Beserta Contohnya

4 Variabel Marketing Mix Beserta Contohnya

Marketing mix merupakan kombinasi variable atau kegiatan yang merupakan inti dari sistem pemasaran, variable mana dapat dikendalikan oleh perusahaan untuk mempengaruhi reaksi para pembeli atau konsumen. Jadi marketing mix terdiri dari himpunan variable yang dapat dikendalikan dan digunakan oleh perusahaan untuk mempengaruhi tanggapan konsumen dalam pasar sasarannya. Keempat unsur atau variable strategi acuan atau bauran pemasaran tersebut adalah :



4 Variabel Marketing Mix

  1. Strategi produk
  2. Strategi promosi
  3. Strategi harga
  4. Strategi penyaluran tempat atau distribusi

Keempat strategi tersebut saling mempengaruhi (independen) sehingga semua penting sebagai satu kesatuan strategi, yaitu strategi acuan atau bauran.Sedangkan strategi marketing mix ini merupakan bagian dari strategi pemasaran atau (marketing strategy).Dan berfungsi sebagai pedoman dalam menggunakan unsur-unsur atau variable-variabel pemasaran, untuk mencapai tujuan perusahaan dalam bidang pemasaran.



4 Variabel Marketing Mix Beserta Contohnya

  1. Strategi Produk

    Di dalam kondisi persaingan, sangatlah berbahaya bagi suatu perusahaan bila hanya mengandalkan produk yang ada tanpa usaha tertentu untuk pengembangannya.Oleh karena itu, setiap perusahaan didalam mempertahankan dan meningkatkan penjualan dan share pasarnya, perlu mengadakan usaha penyempurnaan dan perubahan produk yang dihasilkan kearah yang lebih baik sehingga dapat memberikan dayaguna dan daya pemuas serta daya tarik yang lebih besar.
    Produk adalah segala sesuatu yang dapat ditawarkan kepasar untuk diperhatikan, dibeli atau dikonsumsikan.Konsep produk dibedakan menjadi dua, yaitu produk formal dan produk inti.Produk formal adalah obyek fisik atau jasa yang ditawarkan kepasar, sedangkan produk inti yaitu kegunaan atau manfaat yang dicari oleh pembeli.17Menurut Titik Nurbiyati dan Mahmud M, produk adalah sesuatu yang ditawarkan kepada pasar untuk memenuhi keinginan dan kebutuhan atau dimanfaatkan, dikonsumsi, dan dinikmati.

  2. Strategi Promosi

    Titik Nurbiyati dan Mahmud M, Promosi adalah suatu aktivitas yang berfungdi sebagai persuasi langsung yang menawarkan nilai tambah suatu produk kepada konsumen.21Promosi penjualan meliputi berbagai sarana promosi yang didesain untuk memootivasi respon oasar lebih awal.Promosi dapat berupa promosi konsumen dan promosi perdagangan.Perusahaan bisa menggunakan promosi penjualan dalam berbagai kegiatan pemasarannya.Aktivitas promosi penjualan dapat digunakan untuk mencapai satu tujuan atau beberapa tujuan. Tujuan dari promosi dapat disebutkan sebagai berikut :

    1. Mengidentifikasi dan menarik konsumen baru
    2. Memperkenalkan produk baru
    3. Meningkatkan jumlah konsumen untuk produk yang telah dikenal secara luas
    4. Mendorong penggunaan yang lebih banyak diantara konsumen yang telah terjangkau
    5. Menginformasikan kepada konsumen tentang peningkatan kualitas produk
    6. Mengajak konsumen untuk mendatangi toko tempat penjualan produk
    7. Menstabilkan pola penjualan yang berfluktuasi
    8. Meningkatkan persediaan bagi perantara
    9. Mengimbangi upaya pemasaran pihak pesaing
  3. Strategi Harga

    Pengusaha perlu memikirkan tentang penetapan harga jual produknya secara tepat, karena harga yang tidak tepat akan berakibat tidak menarik para pembeli untuk membeli barang tersebut. Penetapan harga jual barang yang tepat tidak selalu berate bahwa harga haruslah ditetapkan rendah atau serendah mungkin. Sering kita jumpai bahwa apabila harga barang tertentu itu rendah maka banyak konsumen justru tidak senang karena dengan harga yang murah itu maka semua orang akan dapat membelinya dan semua orang dapat memakai barang tersebut. Kondisi ini banyaj diantara ibu rumah tangga khususnya kaum wanita kharir tidak menyenangi kondisi tersebut diatas.26Mereka lebih senang bahwa barang yang dipakainya tidak banyak orang yang menggunakan dan hal ini berate barang tersebut haruslah dengan harga yang tertentu saja yang mampu membeli barang tersebut. Oleh karena itu maka penentuan harga jual haruslah dipikirkan baik baik dan dalam hal ini terdapat beberapa dasar penetapan harga, yaitu : 1) Biaya 2) Konsumen 3) Persaingan

  4. Strategi penyaluran tempat atau distribusi

    Distribusi (Distribution) mencakup penggudangan, saluran-saluran, distribusi, cakupan distribusi, lokasi tempat ritel, wilayah penjualan, tingkat dan lokasi persediaan, kurir transportasi, penjualaj grosir dan ritel.Kebanyakan produsen dewasa ini tidak menjual barang mereka secara langsung kepada konsumen. Distribusi menjadi sangat penting tatkala sebuah perusahaan menerapkan strategi pengembangan pasar atau strategi pengembangan pasar atau integritas ke depan. Berbagai keputusan paling kompleks dan menantang yang dihadapi oleh perusahaan berkaitan dengan distribusi produk. Perusahaan manufaktur yang sanggup menjual secara langsung kepada public sering kali dapat memperoleh hasil yang lebih banyak dengan memperluas dan memperbaiki operasi produksi mereka.
    Didalam usaha untuk untuk mencapai tujuan dan sasaran perusahaan di bidang pemasaran, setiap perusahaan melakukan kegiatan penyaluran.Penyaluran merupakan kegiatan penyapaian produk smpai ke tangan si pemakai atau konsumen pada waktu kewaktu yang tepat. Suatu perusahaan dapat menentukan penyaluran produkya melalui pedagang besar atau distributor, yang menyalurkannya ke pedagang menengah atau subdistributor dan meneruskannya ke pengecer yang menjual produk itu kepada pemakai atau konsumen.Walaupun demikian perusahaan dapat pula langsung menjual produk nya kepada pedagang menengah atau distributor maupun pengecer serta konsumen besar dalam keadaan khusus tertentu.
    Saluran distribusi diperlukan oleh setiap perusahaan, karena produsen menghasilkan produk dengan memberikan kegunaan bentuk atau form utility bagi konsumen setelah sampai ketangannya.Sedangkan lembaga penyalur membentuk atau memberikan kegunaan waktu, tempat, dan pemilikan dari produk itu.Dengan demikian, setiap produsen dalam menghasilkan produk untuk memenuhi kebutuhan konsumen hendaklah dapat menyesuaikan dengan saat kapan dan dimana produk itu dperlukan serta siapa saja produk itu dibutuhkan.30 Didalam menentukan pemilihan terhadap saluran distribusi yang tersedia, perlu dicari yang fektif untuk dapat membina dan mendekati para pembeli sehingga produk-produk dapat sampai kepada para konsumen dengan efektif.Setelah tujuan dan sasaran pasar ditentukan, maka perusahaan kemudian menetapkan macam saluran distribusi yang digunakan.

 

 

 

Pembahasan terkait : 

  1. Fungsi Pemasaran
  2. 4 Variabel Marketing Mix
  3. Kendala Pemasaran Online
  4. Sumber Informasi Konsumen
  5. Cara Kerja Pemasaran Online
  6. Komponen Pemasaran Online
  7. Prinsip-Prinsip Ekonomi Islam
  8. Komponen Strategi Pemasaran
  9. Keuntungan Pemasaran Online
  10. Kekurangan Pemasaran Online
  11. Tujuan Pemasaran Menurut Ahli
  12. 7P Menurut Kotler dan Amstrong
  13. 2 Jenis Saluran Pemasaran Online
  14. Fungsi Marketing Public Relations
  15. Strategi Marketing Public Relations
  16. Model Analisis SWOT dan Contohnya
  17. Konsep Pemasaran Menurut Para Ahli
  18. Pengertian Marketing Public Relations
  19. Jenis Strategi Pemasaran dan Contohnya
  20. Indikator Pemasaran Online Menurut Ahli
  21. Elemen Penting Dalam Konsep Pemasaran
  22. Konsep Strategi Pemasaran dan Contohnya
  23. Konsep Inti Pemasaran Menurut Sudaryono
  24. Proses Manajeman Pemasaran Menurut Ahli
  25. Pengertian Analisis SWOT Menurut Para Ahli
  26. Manfaat Strategi Pemasaran Bagi Perusahaan
  27. Dua Elemen Pokok Penyusun Konsep Pemasaran
  28. Pengertian Pemasaran Online Menurut Para Ahli
  29. Pengertian Strategi Pemasaran Menurut Para Ahli
  30. Macam-Macam Media Promosi Pemasaran Produk
  31. Pengertian Manajemen Pemasaran Menurut Para Ahli
  32. Pengaruh Pemasaran Online Terhadap Strategi Pemasaran
  33. Manfaat Pemasaran Online bagi Konsumen dan Perusahaan
  34. Tahap Tahap dalam Proses Keputusan Pembelian Konsumen

 

 

 

 




 

How useful was this post?

Click on a star to rate it!

Average rating / 5. Vote count:

No votes so far! Be the first to rate this post.

As you found this post useful...

Follow us on social media!

Manajemen Pemasaran