Strategi citra merek merupakan aktivitas yang terdiri dari rancangan rancangan strategi guna menciptakan, membangun, serta meningkatkan citra merek yang nantinya dapat menjadi sebuah rangsangan bagi konsumen dalam proses pembentukan persepsi nya. Menurut Janita Dewi (2005:26), pada dasarnya citra merek dibangun melalui tiga cara, yakni :
Strategi Citra Merek
- Feature-based
Suatu merek dapat dinilai lebih tinggi dengan menambah fitur produk yang dapat menjadi pembangkit citra atau asosiasi dengan cara membangkitkan dan menjalin ikatan emosional dengan konsumen. - User-imagery
User-imagery digunakan jika suatu merek berkinginan untuk menciptakan citra dengan memfokuskannya terhadap pengguna dari merek tersebut. Karakteristik pengguna merek tersebut menjadi sebuah nila dari merek tersebut di mata konsumen. - Iklan Kampanye
iklan yang efektif mampu membentuk citra produk, misalnya dengan mengasosiasikan suatu merek dengan golongan konsumen tertentu atau dengan nilai-nilai yang dijunjung tinggi oleh masyarakat. Bahkan, iklan suatu merek tertentu dapat menjadi pembeda utama yang membuat suatu produk berbeda dengan produk lain yang sejenis.
Setelah citra merek tersebut dibangun, diperlukan strategi lain untuk mempertahankannya agar tetap berada pada posisi tersebut. Menurut Arnold (1992:18), citra merek yang kuat diperoleh dengan cara :
- Being different, yaitu produk harus memiliki pembeda atau keistimewaan sehingga mudah diingat dan mudah dikenal.
- Melibatkan slogan atau jingle di dalam aktivitas promosi.
- Symbol exposure, adalah tanda, logo, atau simbol yang memudahkan perusahaan untuk mengenalkan produknya.
- Mempertimbangkan brand extension untuk membuat merek lebih menonjol.
- Menggunakan tanda pengenal atau identifikasi pada sebuah produk, misalnya kemasan yang unik, atau pemilihan warna yang menarik.
- Recall requires untuk menciptakan tingkat citra merek yang diinginkan.
Pembahasan terkait lainnya :
- Faktor yang Mempengaruhi Keputusan Pembelian Konsumen
- Pengertian Manajemen Pemasaran Menurut Para Ahli
- Komponen Komponen Citra Merek Menurut Para Ahli
- Proses Pengambilan Keputusan Pembelian Konsumen
- Tahapan Proses Keputusan Pembelian Konsumen
- Pengertian Merek Menurut UU dan Para Ahli
- Dimensi Kualitas Produk Menurut Para Ahli
- Pengertian Citra Merek Menurut Para Ahli
- Metode Penetapan Harga Berbasis Laba
- Tujuan Penetapan Harga Menurut Ahli
- Bauran Pemasaran Menurut Para Ahli
- Dimensi Citra Merek Menurut Ahli
- Syarat-Syarat Memilih Merek
- 3 Strategi Citra Merek