Proses Perancangan dan Pengembangan Produk

Proses Perancangan dan Pengembangan Produk

Proses pengembangan produk adalah urutan langkah-langkah atau kegiatan-kegiatan dimana suatu perusahaan berusaha untuk menyusun, merancang, dan mengkomersialkan suatu produk. Menurut Ulrich (2000), proses pengembangan produk umumnya terdiri dari enam tahap, yang antara lain adalah :



Proses Perancangan dan Pengembangan Produk

    1. Perencanaan
      Kegiatan perencanaan sering dirujuk sebagai “zerofase” karena kegiatan ini mendahului persetujuan proyek dan proses peluncuran pengembangan produk aktual.
    2. Pengembangan konsep
      Pada fase pengembangan konsep, kebutuhan pasar target didentifikasi, alternative konsep-konsep produk dibangkitkan dan dievaluasi, dan satu atau lebih konsep dipilih untuk pengembangan dan percobaan lebih jauh.
    3. Perancangan tingkat system
      Fase ini mencakup definisi arsitektur produk dan uraian produk menjadi subsistem-subsistem serta komponenkomponen. Gambaran rakitan akhir untuk system produksi biasanya didefinisikan selama fase ini.
    4. Perancangan Detail
      Fase ini mencakup spesifikasi lengkap dari bentuk, material, dan toleransitoleransi dari seluruh komponen unik pada produk dan identifikasi seluruh komponen standar yang dibeli dari pemasok.
    5. Pengujian dan perbaikan
      Fase ini melibatkan konstruksi dan evaluasi dari bermacam-macam versi produksi awal produk. Prototype awal biasanya dibuat dalam fase ini.
    6. Produksi awal
      Pada fase produksi awal, produk dibuat dengan menggunakan sistem produksi yang sebenarnya. Tujuan dari produksi awal ini adalah untuk melatih tenaga kerja dalam memecahkan permasalahan yang timbul pada proses produksi sesungguhnya.

Dalam tahap pengembangan konsep, pada tahap tersebut harus melalui prosesproses seperti identifikasi kebutuhan pelanggan, Spesifikasi produk, Penyusunan konsep dan sebagainya.

 

 

 

Pembahasan lainnya : 

    1. Strategi dalam Analisis SWOT
    2. Pendekatan dalam Analisis SWOT
    3. Pengertian Analisis Break Even Point
    4. Unsur Unsur SWOT Menurut Para Ahli
    5. Tujuan Analisis SWOT Menurut Para Ahli
    6. Faktor Yang Mempengaruhi Analisis SWOT
    7. Manfaat Analisis SWOT Menurut Para Ahli
    8. Faktor Yang Mempengaruhi Analisis SWOT
    9. Faktor Eksternal dan Internal Analisis SWOT
    10. Pengertian Analisis SWOT Menurut Para Ahli

 

 

 






How useful was this post?

Click on a star to rate it!

Average rating / 5. Vote count:

No votes so far! Be the first to rate this post.

As you found this post useful...

Follow us on social media!

Manajemen Pemasaran