Minggu, Juli 7, 2024

Pengertian Motor Bakar Diesel

Pengertian Motor Bakar Diesel

Motor bakar diesel adalah jenis khusus dari mesin pembakaran dalam karakteristik utama pada mesin diesel yang membedakannya dari motor bakar yang lain, terletak pada metode pembakaran bahan bakarnya. Ditinjau dari cara memperoleh energi thermal ini mesin kalor dibagi menjadi dua golongan, yaitu mesin pembakaran luar dan mesin pembakaran dalam.



 

Pada mesin pembakaran luar atau sering disebut juga sebagai eksternal combustion engine (ECE) proses pembakaran terjadi di luar mesin, energi thermal dari gas hasil pembakaran dipindahkan ke fluida kerja mesin melalui dinding pemisah, Contohnya mesin uap. Pada mesin pembakaran dalam atau sering disebut juga sebagai internal combustion engine (ICE), proses pembakaran berlangsung di dalam motor bakar itu sendiri sehingga gas pembakaran yang terjadi sekaligus berfungsi sebagai fluida kerja. Mesin pembakaran dalam umumnya dikenal juga dengan nama motor bakar. Dalam kelompok ini terdapat motor bakar torak dan sistem turbin gas.

Mesin diesel adalah sejenis mesin pembakaran dalam; lebih spesifik lagi, sebuah mesin pemicu, dimana bahan bakar dinyalakan oleh suhu tinggi gas yang dikompresi, dan bukan oleh alat berenergi lain seperti busi. Mesin ini ditemukan pada tahun1892 oleh Rudolf Diesel dari Jerman, yang menerima paten pada 23 Februari 1893. Diesel menginginkan sebuah mesin untuk dapat digunakan dengan berbagai macam bahan bakar termasuk debu batubara.



Motor diesel dikategorikan dalam motor bakar torak dan mesin pembakaran dalam (internal combustion engine). Prinsip kerja motor diesel adalah merubah energi kimia menjadi energi mekanis. Energi kimia di dapatkan melalui proses reaksi kimia (pembakaran) dari bahan bakar (solar) dan oksidiser (udara) di dalam silinder (ruang bakar). Pembakaran pada mesin Diesel terjadi karena kenaikan temperatur campuran udara dan bahan bakar akibat kompresi torak hingga mencapai temperatur nyala.

 

 

 

Pembahasan lainnya :

    1. Jenis Jenis Dinamometer
    2. Siklus Aktual Motor Bensin
    3. Prinsip Kerja Dinamometer
    4. Bagian Bagian Dinamometer
    5. Prinsip Kerja Mesin 4 Langkah
    6. Pemeliharaan Komponen Otomotif
    7. Cara Memilih Lampu Sorot LED Mobil
    8. Keuntungan dan Kerugian Motor Diesel
    9. Kelebihan Mesin Diesel Dibanding Mesin Bensin

 

 




 



 

 

 

Rekomended toko aksesories dan lampu mobil

 

 

Sumber : http://repository.uma.ac.id/bitstream/123456789/86/5/10.813.0013_file5.pdf

Open

Close
error: