Pengertian Sistem Menurut Para Ahli

Pengertian Sistem Menurut Para Ahli

Sistem adalah sekelompok komponen dan elemen yang digabungkan menjadi satu untuk mencapai tujuan tertentu. Sistem berasal dari bahasa Latin (systēma) dan bahasa Yunani (sustēma) adalah suatu kesatuan yang terdiri komponen atau elemen yang dihubungkan bersama untuk memudahkan aliran informasi, materi atau energi untuk mencapai suatu tujuan. Istilah ini sering dipergunakan untuk menggambarkan suatu set entitas yang berinteraksi, di mana suatu model matematika seringkali bisa dibuat.

Sistem juga merupakan kesatuan bagian-bagian yang saling berhubungan yang berada dalam suatu wilayah serta memiliki itemitem penggerak, contoh umum misalnya seperti negara. Negara merupakan suatu kumpulan dari beberapa elemen kesatuan lain seperti provinsi yang saling berhubungan sehingga membentuk suatu negara dimana yang berperan sebagai penggeraknya yaitu rakyat yang berada dinegara tersebut. Ada banyak pendapat tentang pengertian dan definisi sistem yang dijelaskan oleh beberapa ahli.

 

Berikut Beberapa Pengertian Sistem Menurut Para Ahli :

  • Pengertian Sistem Menurut Jogiyanto (2005:2)

Sistem adalah kumpulan dari elemen-elemen yang berinteraksi untuk mencapai suatu tujuan tertentu. Sistem ini menggambarkan suatu kejadian-kejadian dan kesatuan yang nyata, seperti tempat, benda dan orang-orang yang betul-betul ada dan terjadi.

  • Pengertian Sistem Menurut Pamudji

Menurut Pamudji mendefinisikan sistem menjadi dua, yaitu:

  1. Suatu kebulatan atau keseluruhan yang kompleks atau terorganisir, suatu himpunan atau perpaduan hal-hal atau bagian-bagian yang membentuk suatu kebulatan atau keseluruhan yang kompleks dan utuh.
  2. Suatu kebulatan yang utuh, dimana  di dalamnya terdapat komponen-komponen yang pada gilirannya merupakan sistem tersendiri yang mempunyai fungsi masing-masing, saling berhubungan satu sama lain menurut pola, tata atau norma tertentu dalam rangka mencapai suatu tujuan.
  • Pengertian Sistem Menurut Prof Sumantri

Sistem adalah sekelompok bagian-bagian yang bekerja bersama-sama untuk melakukan suatu maksud. Apabila salah satu bagian rusak atau tidak dapat dijalankan tugasnya, maka maksud yang hendak dicapai tidak akan terpenuhi, atau setidak-tidaknya sistem yang telah terwujud akan mendapat gangguan.

  • Pengertian Sistem Menurut Gabriel A Almond

Sistem politik antara lain adalah merupakan sistem interaksi yang ditemui dalam masyarakat merdeka, yag menjalankan fungsi integrasi dan adaptasi. Fungsi integrasi yang dijalankan oleh sistem politik untuk mencapai kesatuan dan persatuan dalam masyarakat yang bersangkutan. Sedangkan fungsi adaptasi merupakan fungsi penyesuaian terhadap lingkungan.

  • Pengertian Sistem Menurut Robert A Dahl

Sistem politik ialah sebagai pola yang tetap dari hubungan manusia yang melibatkan makna yang luas dari kekuasaan, aturan-aturan dan kewenangan.

  • Pengertian Sistem Menurut Indrajit (2001:2)

Sistem adalah kumpulan-kumpulan dari komponen-komponen yang memiliki unsur keterkaitan antara satu dengan lainnya.

  • Pengertian Sistem Menurut Lani Sidharta (1995:9)

Sistem adalah himpunan dari bagianbagian yang saling berhubungan, yang secara bersama mencapai tujuan-tujuan yang sama.

  • Pengertian Sistem Menurut Murdick, R. G (1991:27)

Sistem adalah seperangkat elemen yang membentuk kumpulan atau prosedur-prosedur atau bagan-bagan pengolahan yang mencari suatu tujuan bagian atau tujuan bersama dengan mengoperasikan data dan/atau barang pada waktu rujukan tertentu untuk menghasilkan informasi dan/atau energi dan/atau barang.

  • Pengertian Sistem Menurut Davis, G. B (1991:45)

Sistem adalah kumpulan dari elemenelemen yang beroperai bersama-sama untuk menyelesaikan suatu sasaran.

 

Sistem pada dasarnya adalah sekelompok unsur yang erat hubungannya antara satu dengan lainnya, yang berfungsi secara bersama–sama untuk mencapai tujuan tertentu guna menangani sesuatu yang terjadi secara rutin atau berulangkali.

 





by Maket Creator

How useful was this post?

Click on a star to rate it!

Average rating / 5. Vote count:

No votes so far! Be the first to rate this post.

Sistem Informasi