Pengertian Metode Transportasi

Pengertian Metode Transportasi

Pengertian Metode Transportasi Menurut Para Ahli

  1. Pengertian metode transportasi menurut Hamdi A. Taha (2003) adalah The transportation method is a special class of linear programming that deals with shipping a commodity from sources (e.g. factories) to destinations (e.g.warehouses) the objective is to determine the total shipping cost while satisfying supply and demand limits.” Maksudnya Metode transportasi adalah bagian khusus dari linear programming yang membahas pengangkutan komoditi dari sumber ke tempat tujuan dengan tujuan untuk menemukan pola pengangkutan yang dapat meminimumkan biaya pengangkutan total da lam pemenuhan batas penawaran dan permintaan.
  2. Richard B. Chase dkk (2004) menyatakan bahwa β€œThe transportation method is a simplified special case of simplex method, it gets its name from its application to problem involving transporting product from several sources to several destinations, two common objectives of such problem are either: 1. Minimize the cost of shipping, n units to m destinations 2. Maximize the profit of shipping, n units to m destinations.” Yang dimaksud dengan Metode Transportasi menurut defenisi ini adalah suatu bentuk khusus untuk mempermudah metode simpleks. Nama tersebut diambil dari kegunaan metode tersebut yang meliputi masalah-masalah angkutan dari beberapa sumber ke beberapa tujuan, dua hal dasar objek mendasar masalah ini yaitu :
    • Minimisasi ongokos angkut, n unit ke m tujuan.
    • Maksimisasi laba angkut, n unit ke m tujuan.
  3. Pangestu Subagyo dkk (2008) mengatakan bahwa Metode Transportasi merupakan sebuah metode yang digunakan untuk mengatur distribusi dari sumber-sumber yang menghasilkan produk yang sama ke tempat-tempat yang membutuhkan secara optimal. (Dika Herli, 2014).

 

Dari pendapat-pendapat di atas penulis menyimpulkan, bahwa pada dasarnya Metode Transportasi merupakan metode yang dipakai untuk merencanakan dan mengendalikan pengalokasian barang dari beberapa sumber ke berbagai tujuan agar pendistribusian dapat terlaksana sesuai rencana, seoptimal mungkin dan dengan biaya yang minimum.

 

Baca juga Ciri-ciri khusus persoalan transportasi

 




How useful was this post?

Click on a star to rate it!

Average rating / 5. Vote count:

No votes so far! Be the first to rate this post.

As you found this post useful...

Follow us on social media!

Transportasi