Mei 28, 2020
Sistem Informasi

Pengertian Mysql

CREATOR MEDIA INFORMATION MAKET CREATOR.com

Mysql adalah sebuah program database server yang mampu menerima dan mengirimkan datanya dengan sangat cepat, multi user serta meggunakan perintah standar SQL (Structure Query Language). Mysql merupakan sebuah database server yang free artinya kita bebas menggunakan database ini untuk keperluan pribadi atau usaha tanpa membeli atau membayar lisensiya.

MySQL merupakan hasil ciptaan dari Michael “Monty” Widenius, David Axmark, dan Allan Larson. Pada tahun 1995 mereka lalu mendirikan perusahaan bernama MySQL AB di Swedia. Tujuan awal diciptaknnya MySQL yaitu untuk mengembangkan aplikasi web yang aka digunakan oleh salah satu klien MySQL AB. Database MySQL, biasa kit abaca mai-es-ki-el merupakan perangkat lunak database yang berbentuk database relasional atau dalam bahasa basis data sering disebut dengan Relation Database Management System (RDBMS) yang menggunakan suatu bahasa permintaan bernama SQL. Perbedaan antara MySQL dan SQL , MySQl adalah program database server sedangkan SQL adalah bahasa yang digunakan didalamnya.

 

 

Kelebihan MySQL :

MySQL adalah sebuah database server dapat juga berperan sebagai client sehingga disebut database client / server yang open source dapat berjalan pada OS manapun dengan platform Windows maupun Linux.

 

Penggunaan MySQL dengan Command Prompt

Dalam modul ini menggunakan paket program PHPTriad, dengan sistem operasi Windows XP. Paket PHPTriad biasanya di-instal pada direktori atau folder C:\ Apache2Triad. Karena PHPTriad merupakan kumpulan paket dari Apache (Versi 1.3.23), MySQL (Versi 5.0.18) dan PHP (Versi 4.1.1), sehingga masing-masing software tersebut akan disimpan pada direktori khusus. Untuk MySQL ada pada direktori C:\apache2triad\mysql. Sedangkan untuk file-file eksekusinya (file biner) ada di direktori C:\ apache2triad\mysql\bin.

 

Pengantar Sintak Dasar

MySQL merupakan bahasa pemrograman database dimana penulisan sintaknya tidak serumit bahasa pemrograman lainnya seperti Java, C++, dan sebagainya. Satu hal yang perlu diingat bahwa setiap penulisan script MySQL di Dos-Prompt harus selalu diakhiri dengan tanda titik koma (;). Didalam source MySQL yang terinstal secara default telah terisi sebuah database yang bernama mysql dan information_schema.

 

Published by Jasa Pembuatan Maket by MaketCreator.com