Pengertian Flowchart Menurut Para Ahli

Pengertian Flowchart Menurut Para Ahli

Flowchart adalah cara penulisan algoritma dengan menggunakan notasi grafis. Flowchart merupakan gambar atau bagan yang memperlihatkan urutan atau langkah-langkah dari suatu program dan hubungan antar proses beserta pernyataannya. Gambaran ini dinyatakandengan simbol. Dengan demikian setiap simbol menggambarkan prosestertentu. Sedangkan antara proses digambarkan dengan garis penghubung.Dengan menggunakan flowchart akan memudahkan kita untuk melakukanpengecekan bagian-bagian yang terlupakan dalam analisis masalah. Disamping itu flowchart juga berguna sebagai fasilitas untuk berkomunikasiantara pemrogram yang bekerja dalam tim suatu proyek. Flowchart menolong analis dan programmer untuk memecahkan masalah kedalam segmen-segmen yang lebih kecil dan menolong dalam menganalisis alternatif-alternatif lain dalam pengoperasian.



Pada dasarnya terdapat berbagai macam flowchart, diantaranya yaitu Flowchart Sistem (System Flowchart), Flowchart Paperwork / Flowchart Dokumen (Document Flowchart), Flowchart Skematik (Schematic Flowchart), Flowchart Program (Program Flowchart), Flowchart Proses (Process Flowchart). Untuk keperluan pembuatan program maka digunakan Flowchart Program.

Flowchart program menggambarkan urutan instruksi yang digambarkan dengan simbol tertentu untuk memecahkan masalah dalam suatu program. Dalam flowchart program mengandung keterangan yang lebih rinci tentang bagaimana setiap langkah program atau prosedur seharusnya dilaksanakan. Flowchart ini menunjukkan setiap langkah program atau prosedur dalam urutan yang tepat saat terjadi.Programmer menggunakan flowchart program untuk menggambarkan urutan instruksi dari program komputer.Analis Sistem menggunakan flowchart program untuk menggambarkan urutan tugas-tugas pekerjaan dalam suatu prosedur atau operasi.

 

Pengertian Flowchart Secara Umum :

  • Flowchart (diagram alir) adalah suatu jenis diagram yang merepresentasikan algoritma atau langkah-langkah instruksi yang berurutan dalam suatu sistem. Fungsi dari flowchart adalah untuk dapat menggambarkan suatu tahapan penyelesaian terhadap suatu masalah secara sederhana, terurai, rapih dan jelas yang dapat menggunakan simbol-simbol yang standar. Berikut beberapa pengertian flowchart menurut para ahli.
  • Flowchart adalah sebuah gambaran atau ilustrasi dalam bentuk diagram alir dari algoritma suatu program atau sistem, yang mana menyatakan arah dari program tersebut.



Pengertian Flowchart Menurut Para Ahli :

  1. Pengertian Flowchart Menurut Jogiyanto (2005)Flowchart adalah Bagan alir yang menunjukkan alir atau arus di dalam rancangan program atau prosedur sistem secara logika.
  2. Pengertian Flowchart Menurut Sariadin Siallagan (2009)
    Flowchart adalah bagan atau suatu diagram alir yang mempergunakan simbol atau tanda untuk menyelesaikan suatu masalah.
  3. Pengertian Flowchart Menurut Krismiaji (2010)
    Flowchart ialah suatu bagan alir yang digunakan untuk dapat mendeskripsikan bagian sistem informasi secara jelas, tepat dan logis.
  4. Pengertian Flowchart Menurut Pahlevy (2010)
    Flowchart (bagan alir) merupakan sebuah gambaran dalam bentuk diagram alir dari algoritma-algoritma dalam suatu program, yang menyatakan suatu arah alur program tersebut.
  5. Pengertian Flowchart Menurut Indrajani (2011)
    Flowchart merupakan gambaran yang dibuat dalam bentuk sebuah grafik dimana isinya merupakan langkah-langkah program dan urutan prosedur suatu program yang dibuat.
  6. Pengertian flowchart menurut Wibawanto (2017:20), flowchart adalah suatu bagan dengan simbolsimbol tertentu yang menggambarkan urutan proses secara mendetail dan hubungan antara suatu proses (instruksi) dengan proses lainnya dalam suatu program.
  7. Pengertian flowchart menurut Fauzi (2017:113), bagan alir (flowchart) adalah teknis analisis yang dipergunakan untuk mendeskripsikan beberapa aspek dari sistem informasi secara jelas, ringkas, dan logis. Bagan alir menggunakan serangkaian simbol standar untuk mendeskripsikan melalui gambar prosedur pemrosesan transaksi yang digunakan perusahaan dan arus data yang melalui sistem.
  8. Pengertian flowchart menurut Menurut Indrajani (2015:36), dalam skripsi Muniarti: Flowchart adalah penggambaran secara grafik dari langkah-langkah dan urutan prosedur suatu program. Bagan alir (flowchart) adalah bagan (chart)yang menunjukkan alir (flow) di dalam program atau prosedur sistem secara logika. Bagan alir digunakan terutama untuk alat bantu komunikasi dan untuk dokumentasi.

 

 

 

Lihat juga judul terkait lainnya :

 



 

# tag

pengertian flowchart menurut para ahli pengertian flowchart menurut para ahli 2019 pengertian flowchart dan contohnya pengertian flowchart dokumen pengertian flowchart menurut para ahli 2017 pengertian flowchart simbol dan fungsinya

by Maket Creator

How useful was this post?

Click on a star to rate it!

Average rating / 5. Vote count:

No votes so far! Be the first to rate this post.

As you found this post useful...

Follow us on social media!

Sistem Informasi