Aspek dan Kriteria Penilaian Media Pembelajaran

Aspek dan Kriteria Penilaian Media Pembelajaran

Menurut Wahono (2006) terdapat 3 aspek penilaian yaitu aspek rekayasa perangkat lunak, aspek instructional design (desain pembelajaran) dan aspek komunikasi visual. Kriteria penilaian termasuk mekanisme penjurian tidak digabungkan menjadi satu, tetapi dipisah dan tiap aspek dinilai oleh orang yang kompeten di aspek tersebut. Berikut ini kriteria dari ketiga aspek tersebut : 

Aspek dan Kriteria Penilaian Media Pembelajaran

  1. Aspek Rekayasa Perangkat Lunak

    • Efektif dan efisien dalam pengembangan maupun penggunaan media pembelajaran.
    • Reliable(handal).
    • Maintainable(dapat dipelihara/dikelola dengan mudah).
    • Usabilitas(mudah digunakan dan sederhana dalam pengoperasiannya).
    • Ketepatan pemilihan jenis aplikasi/software/tooluntuk pengembangan.
    • Kompatibilitas(mediapembelajarandapat diinstalasi/dijalankan di berbagai hardware dan softwareyang ada).
    • Pemaketan program media pembelajaran terpadu dan mudah dalam eksekusi.
    • Dokumentasi program media pembelajaran yang lengkap meliputi: petunjuk instalasi (jelas, singkat, lengkap), trouble shooting (jelas, terstruktur, dan antisipatif), dan desain program (jelas, menggambarkan alur kerja program).
    • Reusable(sebagian atau seluruh program media pembelajaran dapat dimanfaatkan kembali untuk mengembangkan media pembelajaran lain).
  2. Aspek Desain Pembelajaran
    • Kejelasan tujuan pembelajaran (rumusan dan realistis).
    • Relevansi tujuan pembelajaran dengan SK/KD/Kurikulum.
    • Cakupan dan kedalaman tujuan pembelajaran.
    • Ketepatan penggunaan strategi pembelajaran.
    • Interaktivitas.
    • Pemberian motivasi belajar.
    • Kontekstualitas dan aktualitas.
    • Kelengkapan dan kualitas bahan bantuan belajar.
    • Kesesuaian materi dengan tujuan pembelajaran.
    • Kedalaman materi.
    • Kemudahan untuk dipahami.
    • Sistematis, runut danalur logika jelas.
    • Kejelasan uraian, pembahasan, contoh, simulasi, dan latihan.
    • Konsistensi evaluasi dengan tujuan pembelajaran.
    • Ketepatan dan ketetapan alat evaluasi.
    • Pemberian umpan balik terhadap hasil evaluasi.
  3. Aspek Komunikasi Visual
    1. Komunikatif: sesuai dengan pesan dan dapat diterima/sejalan dengan keinginan sasaran.
    2. Kreatif dalam ide berikut penuangan gagasan.
    3. Sederhana dan memikat.
    4. Audio (narasi, sound effect, backsound,dan musik).
    5. Visual (layout design, typography, dan warna).
    6. Media bergerak (animasi danmovie).
    7. Layout Interactive(ikon navigasi)

 




 

Lihat juga Aspek-Aspek Media Pembelajaran

 

How useful was this post?

Click on a star to rate it!

Average rating / 5. Vote count:

No votes so far! Be the first to rate this post.

As you found this post useful...

Follow us on social media!

Originally posted 2021-10-22 09:28:52.

Pendidikan