Jenis-Jenis Flowchart dan Fungsinya

Jenis-Jenis Flowchart dan Fungsinya

Flowchart adalah penggambaran secara grafik dari tahapan penyelesaian suatu masalah yang terdiri atas sekumpulan simbol. Fungsi flowchart adalah digunakan untuk menganalisa, mendesain, mendokumentasikan dan memanajemen sebuah proses atau program di berbagai bidang. Secara khusus flowchart berfungsi untuk membantu menggambarkan situasi apa yang sedang terjadi dan yang akan terjadi dari sebuah simbol dan tanda penghubungnya. Flowchart mampu merepresentasikan berbagai instruksi atau alogaritma secara berurutan dan sistematis. Dengan adanya flowchart sangat membantu sekali untuk memecahkan masalah ke dalam bagian-bagian yang lebih kecil dan menolong dalam menganalisis alternatif-alternatif lain dalam pengoperasian.

Jenis-Jenis Flowchart dan Fungsi Penjelasannya :

  1. Jenis Flowchart Sistem (System Flowchart)

Flowchart sistem adalah bagan yang menampilkan tahapan kerja atau proses yang sedang berlangsung di dalam sistem. Bagan ini menggambarkan secara keseluruhan dan menguraikan urutan dari setiap prosedur yang berada di dalam sistem. Flowchart sistem disebut juga sebagai gambaran grafik urutan prosedur dalam membentuk suatu sistem.

  1. Jenis Flowchart Dokumen (Document Flowchart)

    Flowchart dokumen atau diagram alir adalah jenis flowchart yang menggambarkan proses dari laporan dan formulir lengkap dengan tembusan-tembusannya dengan memakai simbol – simbol seperti pada flowchart sistem.

  2. Jenis Flowchart Skematis (Schematic Flowchart)

    Flowchart skematic adalah bagan yang menampilkan alur prosedur suatu sistem sama seperti flowchart sistem. Flowchart ini sama karena memang kedua flowchart ini sama-sama digunakan untuk menggambarkan prosedur/proses dalam sistem.

  3. Jenis Flowchart Program (Program Flowchart)

    Flowchart program atau diagram alir program adalah bagan alir yang menggambarkan tahapan dalam proses sebuah program yang isinya menjelaskan secara rinci tahapan dan langkah – langkah dari sebuah proses program. Diagram alir ini terdiri dari 2 macam diagram alir logika program dan diagram alir program komputer terinci.

  4. Jenis Flowchart Proses (Process Flowchart)

    Flowchart Proses adalah suatu penggambaran rekayasa industrial dengan menganalisis tahapan langkah – langkah selanjutnya dalam suatu prosedur atau sistem. Penggunaan flowchart ini lebih efektif dipakai untuk menelusuri alur suatu laporan atau form secara prosedural. Flowchart ini banyak dipakai di sektor industri (bagian produksi) dan juga analis sistem.

 




by Maket Creator

How useful was this post?

Click on a star to rate it!

Average rating / 5. Vote count:

No votes so far! Be the first to rate this post.

As you found this post useful...

Follow us on social media!

  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
Sistem Informasi