Fungsi Sistem Akuntansi Penjualan Kredit

Fungsi Sistem Akuntansi Penjualan Kredit

Sistem akuntansi penjualan kredit merupakan suatu sistem penjualan yang pembayarannya dilakukan setelah penyerahan barang dengan jangka waktu yang telah disepakati oleh kedua belah pihak. Dalam membahas sistem akuntansi penjualan kredit meliputi antara lain: Fungsi yang terkait, dokumen yang digunakan, catatan akuntansi, jaringan prosedur yang membentuk sistem penjualan kredit, dan unsur pengendalian intern dalam sistem penjualan kredit.

 

Fungsi Sistem Akuntansi Penjualan Kredit

Fungsi Sistem Akuntansi Penjualan Kredit Menurut Mulyadi

Fungsi yang terkait dalam sistem penjualan kredit menurut Mulyadi (2001:204) adalah fungsi kredit, fungsi penjualan, fungsi gudang, fungsi pengiriman, fungsi akuntansi, dan fungsi penagihan. Adapun penjelasan dari masing – masing fungsi adalah sebagai berikut ( Mulyadi, 2002:40 ) :

  • Fungsi Kredit

Fungsi ini bertanggungjawab untuk meneliti status kredit pelanggan dan memberikan otorisasi pemberian kredit kepada pelanggan. Fungsi ini bertujuan untuk mencegah kemungkinan tidak tertagihnya piutang pelanggan.

  • Fungsi Penjualan

Fungsi ini bertanggungjawab melayani kebutuhan barang pelanggan. Mulai dari penerimaan pesanan pelanggan, mengedit order dari pelanggan untuk menambah informasi yang belum ada pada surat order, meminta persetujuan kredit, dan menentukan tanggal pengiriman serta mengisi surat order pengiriman.

  • Fungsi Gudang

Fungsi Gudang Fungsi ini bertanggungjawab untuk menyimpan barang dan menyiapkan barang yang dipesan oleh pelanggan, serta menyerahkannya ke fungsi pengiriman.

  • Fungsi Pengiriman

Dalam sistem penjualan kredit, fungsi ini bertanggungjawab untuk menyerahkan barang atas dasar surat order pengiriman yang diterimanya dari fungsi penjualan. Fungsi ini juga bertanggungjawab untuk menjamin bahwa tidak ada barang yang keluar dari perusahaan tanpa ada otorisasi dari yang berwenang.

  • Fungsi Akuntansi

Fungsi ini bertanggungjawab untuk mencatat transaksi penjualan kredit dalam jurnal penjualan dan mencatat transaksi bertambahnya piutang pelanggan ke dalam kartu piutang berdasarkan faktur penjualan kredit yang diterima dari fungsi pengiriman.

  • Fungsi Penagihan

Fungsi Penagihan Fungsi ini bertanggungjawab untuk membuat surat tagihan secara periodik dam mengirimkan faktur penjualan kepada pelanggan, serta menyediakan copy faktur bagi kepentingan pencatatan transaksi penjualan oleh fungsi akuntansi.



Fungsi Sistem Akuntansi Penjualan Kredit Menurut Krismiaji

Menurut Krismiaji (2010:307) bagian yang terkait dalam prosedur penjualan kredit adalah:

  • Bagian Penjualan

Bertanggungjawab untuk menerima surat pesanan pembelian dari pelanggan, membuat surat order penjualan, dan meminta persetujuan kredit ke bagian kredit.

  • Bagian Kredit

Bertanggungjawab untuk memeriksa data kredit pelanggan yang mencakup sejarah kredit dan batas kredit pelanggan. Setelah itu memberikan persetujuan kredit terhadap surat order penjualan.

  • Bagian Gudang

Bertanggungjawab untuk mempersiapkan barang yang akan dikirim sesuai dengan surat order penjualan.

  • Bagian pengiriman

Bertanggungjawab untuk mengirim barang yang sesuai dengan surat order penjualan yang telah diotorisasi oleh bagian kredit ke pelanggan, dan menjamin bahwa barang yang dikirim telah sampai ke pelanggan yang disebut dalam surat order penjualan.

  • Bagian Penagihan

Bertanggungjawab untuk membuat dan mengirimkan faktur penjualan kepada pelanggan dan mencatat penjualan tersebut dalam jurnal penjualan.

  • Bagian Piutang

Bertanggungjawab untuk memposting transaksi penjualan kredit ke rekening pelanggan yang bersangkutan.

 

 





by Maket Creator

How useful was this post?

Click on a star to rate it!

Average rating / 5. Vote count:

No votes so far! Be the first to rate this post.

Akuntansi