Unsur-Unsur Bauran Pemasaran dan Contohnya

Unsur-Unsur Bauran Pemasaran dan Contohnya

Bauran pemasaran merupakan bagian dari konsep pemasaran yang mempunyai peranan yang cukup penting dalam mempengaruhi konsumen untuk membeli produk atau jasa yang ditawarkan. Kotler dan Armstrong (2017:17) mendefinisikan baura pemasaran sebagai berikut, Marketing mix is the set of tactical marketing tools that the firm blends to produce the response it wants in the target market.Definisi tersebut menyatakan bahwa. Bauran pemasaran adalah Consumer Characteristic (Karakteristik Konsumen) Budaya, sosial, pribadi 18 seperangkat alat pemasaran taktis diperusahaan memadukan dua menghasilkan respon yang diinginkan dalam pasar sasaran.



Menurut Kotler dan Keller (2016:119) yaitu: Bauran Pemasaran (marketing mix) adalah seperangkat alat pemasaran yang digunakan perusahaan untuk terus menerus mencapai tujuan pemasarannya di pasar sasaran. Bauran Pemasaran dapat digolongkan dalam empat kelompok pengertian dari masing-masing variabel bauran pemasaran didefinisikan oleh Kotler dan Armstrong (2018:79) sebagai berikut :

  1. Produk: adalah kombinasi barang dan jasa perusahaan menawarkan dua target pasar.
  2. Harga: adalah jumlah pelanggan harus dibayar untuk memperoleh produk.
  3. Tempat: adalah mencakup perusahaan produk tersedia untuk menargetkan pelanggan.
  4. Promosi: adalah mengacu pada kegiatan berkomunikasi kebaikan produk dan membujuk pelanggan sasaran.



Unsur-Unsur Bauran Pemasaran dan Contohnya

Beda halnya dengan unsur-unsur bauran pemasaran jasa yang dijelaskan oleh Rambat Lupiyoadi (2015:91) sebagai erikut :

  1. Produk (product) : adalah keseluruhan konsep objek atau proses yang memberikan sejumlah nilai kepada konsumen.
  2. Harga (price) : adalah sejumlah pengorbanan yang haruis dibayar oleh pelanggan untuk memperoleh produk atau jasa.
  3. Tempat atau salurah distribusi (place) : yaitu hubungan dengan dimana perusahaan melakukan operasi atau kegiatannya.
  4. Promosi (promotion) : merupakan kegiatan yang dilakukan perusahaan untuk mengkomunikasikan manfaat produk dan sebagi alat untuk mempengaruhi konsumen dalam kegiatan pembelian atau penggunaan jasa sesuai dengan kebutuhan.
  5. Orang (people) : merupakan orang-orang yang terlibat langsung dan saling mempengaruhi dalamn proses pertukaranj dari produk jasa.
  6. Proses (process) : adalah gabungan semua aktivitas, umumnya terdiri dari prosedur, jadwal pekerjaan, mekanisme, dan hal-hal ruton dimana jasa dihasilkan dan disampaikan kepada konsumen.
  7. Bukti atau lingkungan fisik perusahaan (physical evidence) : adalah tempat jasa diciptakan, tempat penyedia jasa dan konsumen berinteraksi, ditambah unsur berwujud apapun yang digunakan untuk mengkomunikasikan atau mendukung peranan jasa tersebut.